Perawatan Rambut

Mengenali Jenis Rambut Dan Cara Merawatnya

Jenis rambut di sini maksudnya kategori rambut, yang dapat dikenali dari diameter helai rambut. Tiga jenis rambut yang paling umum halus, sedang, dan kasar.

Helai rambut halus berdiameter sekitar 0,06 inci; untaian sedang berdiameter sekitar 0,07 inci; untaian kasar berdiameter sekitar 0,12 inci.

Rambut halus biasanya ditemukan pada orang yang memiliki #kulit terang dan rambut #gelap atau #hitam, sedangkan rambut kasar biasanya ditemukan pada orang yang memiliki kulit gelap dan rambut terang atau #pirang.

Jenis rambut akan memengaruhi cara mencuci dan menatanya untuk mendapatkan hasil terbaik. Misalnya, jika memiliki rambut halus maka penting untuk menggunakan #sampo yang akan menambah volume pada rambut tanpa membuatnya terlihat berminyak atau terbebani dengan penumpukan produk – seperti sampo penambah volume atau sampo klarifikasi (yang menghilangkan penumpukan produk).

Rambut lurus

mengenal rambut lurus

Rambut lurus adalah jenis rambut yang tidak memiliki ikal atau gelombang sama sekali. Rambut lurus biasanya lebih halus, lembut, dan mudah diatur, tetapi juga cenderung lebih berminyak karena minyak alami dari kulit kepala lebih mudah mengalir di batang rambut yang lurus. 

HARUS BACA:  Tips Memilih Pomade yang Tepat untuk Rambut Ikal dan Bergelombang

Cara merawat rambut lurus adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis kulit kepala, menghindari produk yang mengandung minyak berlebih, dan tidak keramas terlalu sering agar rambut tidak kering.

Rambut bergelombang

mengenal rambut bergelombang

Rambut bergelombang adalah jenis rambut yang memiliki pola ikal yang longgar dan tidak beraturan. Rambut bergelombang biasanya lebih tebal, kasar, dan mengembang, tetapi juga lebih mudah dibentuk dan diubah gayanya. 

Cara merawat rambut bergelombang adalah dengan menggunakan produk yang berbahan dasar gel atau mousse ringan untuk membantu mengatur bentuk gelombang, menghindari produk yang berbahan dasar minyak atau krim yang bisa membuat rambut lepek, dan menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk menjaga kelembaban rambut.

Rambut ikal

mengenal rambut ikal

Rambut ikal adalah jenis rambut yang memiliki pola ikal yang rapat dan beraturan seperti huruf S. Rambut ikal biasanya lebih padat, kering, dan kusut, tetapi juga lebih bervolume dan menarik. 

Cara merawat rambut ikal adalah dengan menggunakan produk yang mengandung pelembab dan nutrisi untuk rambut, seperti masker, butter, atau krim deep conditioning, menghindari produk yang mengandung silikon atau sulfat yang bisa merusak ikal rambut, dan tidak menyisir rambut terlalu sering atau saat basah agar tidak merusak pola ikal.

HARUS BACA:  Beda Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa beserta Produknya di Pasaran

Rambut keriting dan kribo

mengenal rambut kribo

Rambut keriting kribo adalah jenis rambut yang memiliki pola ikal yang sangat rapat dan kencang seperti sedotan. Rambut keriting biasanya sangat kering, kasar, dan frizzy, tetapi juga sangat kuat dan tahan lama. 

Cara merawat rambut keriting kribo adalah dengan menggunakan produk yang sangat melembabkan dan menenangkan rambut, seperti minyak, serum, atau krim anti frizz, menghindari alat pemanas rambut seperti catokan atau pengering rambut yang bisa membuat rambut semakin kering dan rusak, dan menggunakan sisir bergigi jarang atau jari tangan untuk menyisir rambut.

Kamu termasuk tipe rambut yang mana?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button