Perawatan MataSkincare

Mengungkap Misteri di Balik Keunikan Warna Mata Kita

Pusaka Genetik yang Menawan

Mata, sering digambarkan sebagai jendela ke dalam jiwa, adalah salah satu fitur paling menakjubkan dan ekspresif yang kita miliki. Namun, apa yang benar-benar memberikan mata itu daya tarik khas? Warna iris – lapisan berwarna yang melingkar pupil – berperan dalam memberikan identitas yang sama uniknya dengan sidik jari kita. Setiap individu di muka bumi ini dihiasi dengan corak dan warna mata yang berbeda-beda. Tak ada yang sama, tak ada yang serupa – sebuah karya seni dari alam yang tiada duanya.

Para ahli dari Cleveland Clinic menyatakan bahwa setiap warna mata merupakan hasil dari sebuah kisah genetik yang rumit. Warna iris dipengaruhi oleh kuantitas, tipe, dan penyebaran melanin – pigmen yang sama yang menentukan warna kulit dan rambut kita. Melanin yang dihasilkan oleh kode genetis yang kita warisi dari kedua orang tua menentukan palet warna mata kita.

Blair Stevens, seorang edukator dari McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center, membuka mata kita tentang fakta bahwa warna mata kita adalah hasil dari poligen, yaitu interaksi dari berbagai gen. Semakin banyak melanin yang dibuat oleh gen-gen tertentu, semakin gelaplah warna matanya. Sebaliknya, produksi melanin yang lebih rendah akan memberi efek warna mata yang lebih terang.

HARUS BACA:  Lindungi Kulitmu dari Bahaya Sinar UV dengan Ini

Fenomena mengagumkan lainnya adalah perubahan warna mata pada bayi yang baru lahir. Stevens mencatat bahwa perubahan ini disebabkan oleh fakta sederhana bahwa produksi melanin tidak berhenti di saat kelahiran, melainkan terus berlangsung seiring bertambahnya usia sang bayi.

Bahkan di dalam satu keluarga, warna mata yang diwariskan bisa berbeda-beda. Pasalnya, apa yang gen kita wariskan bukan hanya sebatas warna melainkan juga varietas dalam struktur dan jumlah melanin yang dihasilkan. Sehingga, satu keluarga bisa memiliki spektrum warna mata yang luas, dari yang paling cerah hingga yang paling gelap.

Dalam dunia yang sering kali menilai keindahan berdasarkan keseragaman, mata kita mengingatkan, bahwa di dalam keragaman genetik terdapat keindahan yang tak terkira. Mata – si jendela jiwa yang menghubungkan kita tidak hanya dengan identitas kita sendiri tetapi juga dengan warisan keluarga yang berharga.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button