Penataan Rambut

Inspirasi Model Rambut Kepang Terlengkap

Apakah kamu tahu bahwa kepang rambut merupakan gaya rambut tertua di dunia? Bahkan, tatanan rambut ini pertama kali ditemukan pada 3500 Sebelum Masehi (SM). Setiap negara dan zaman memiliki makna dan simbol tersendiri dalam kepang rambut.

Bahkan Cleopatra, seorang wanita terkenal, menggunakan gaya kepang untuk menambah kecantikan rambutnya. Pada masa itu, kepang rambut dianggap sebagai simbol keindahan dan kemakmuran.

Di Afrika, gaya kepang rambut bahkan dapat menentukan status sosial seseorang di mata masyarakat.

Jangan lupakan juga wanita-wanita Eropa pada abad pertengahan yang tidak diperbolehkan keluar rumah tanpa rambut yang dikepang. Tak hanya itu, suku Indian juga terkenal dengan kepang rambut mereka, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Jadi, jika kamu berpikir bahwa kepang rambut hanya itu-itu saja, coba baca artikel ini untuk menemukan berbagai macam gaya kepang yang bisa kamu coba, mulai dari yang klasik, French braid, Dutch braid, hingga crown braid!

Yuk, jangan ragu untuk bereksperimen dengan gaya kepang rambutmu!

1. Three-strands Braid (Kepang Klasik).

Three-strand braid adalah kepangan yang menjadi dasar dari semua jenis kepang rambut yang ada di dunia. Sesuai namanya, kamu perlu membagi rambut menjadi 3 lalu membuat jalinan dengan memindahkan rambut kiri ke kanan, lalu kanan ke kiri secara bergantian.

2. Two-strands Braid.

Mengepang rambut tak melulu menggunakan 3 jalinan rambut, karena kamu bisa membuat kepang dengan 2 jalinan rambut saja. Untuk membuat gaya rambut kepang ini, kamu perlu mengikat rambut menjadi ponytail tinggi dan membuat 2 bagian; atas dan bawah.

Two Stands Braids Pexels Tuấn Kiệt Jr 19546698

Mulai deng​an mengikat ponytail tinggi-tinggi di atas kepala. Ikat menggunakan karet rambut yang cukup kencang.
Bagi ponytail menjadi 2 bagian yang sama besar. Buat celah di bagian kiri rambut menggunakan telunjuk, kemudian ambil rambut bagian kanan dan tarik masuk melalui celah.​ Ulangi langkah yang sama sampai ke ujung rambut.​ Setelah selesai, ikat kepang menggunakan karet bening.

Longgarkan kepang dengan menarik sisi luar kepang agar kepang terlihat lebih lebar.

Gaya rambut kepang ponytail ini juga bisa jadi opsi yang tak kalah cantik, lho. Rambut panjangmu akan tampak lebih tebal dan bervolume jika dikepang dengan cara ini. Tak hanya cocok untuk berolahraga, namun juga pas untuk hangout bersama sahabat.

3. French Braid.

French braid adalah salah satu gaya rambut klasik yang masih relevan sampai sekarang. Selain Dutch braid, jenis kepang rambut ini merupakan salah satu variasi yang mendapatkan namanya dari negara yang diperkirakan pertama kali mempopulerkan gaya rambut kepang ini.

Meski terlihat sulit, model rambut kepang ini sebetulnya sangat mudah. Tekniknya mirip dengan teknik kepang tiga untai, tapi kamu harus menambahkan rambut sedikit demi sedikit setiap akan membuat jalinan baru. Lihat caranya di video tutorial ini, ya.

4. French Braid Half Updo.

Sudah saatnya kamu meninggalkan mitos bahwa rambut pendek tak bisa dibentuk dengan berbagai macam gaya rambut. Panjang atau pendeknya rambut jangan menjadi batasan dalam berkreasi.

Kamu bisa mencoba salah satu variasi gaya French braid berikut. Model rambut kepang modern ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki rambut pendek sebahu.

5. French Braid Ponytail.

Mirip seperti gaya rambut dikepang sebelumnya, nih. Kamu bisa mengikat seluruh sisa rambutmu untuk membentuk ponytail.

HARUS BACA:  Smoothing Rambut Kribo, Kami Ahlinya

Selain membuat untaian dari bagian belakang kepala, kamu bisa juga memilih style ini dengan jalinan kepang di bagian atas dan samping kepala. Kepangan kecil ini disatukan ke belakang menjadi ponytail tinggi.

6. French Braid Bun.

Ingin tampilan cepolmu lebih menarik? Coba model kepang yang satu ini. Gunakan teknik French braid pada bagian depan. Satukan seluruh rambut menjadi cepol. Model ini juga berguna kalau panjang ponimu agak nanggung. Bebas ribet!

7. Dutch Braid.

Sedikit mirip dengan French braid, teknik kepangan Dutch braid mengharuskan kamu menjalin rambut dari bawah. Model kepang rambut simple ini membuat kepangan terlihat di luar, bukan pada bagian dalam seperti French braid.

Kalau kamu punya rambut pendek, gunakan TRESemmé Dry Texture Finishing Spray untuk mengatasi helaian yang berantakan. Formulasinya yang teruji membuat hairspray ini jadi salah satu produk andalan di backstage runway. Rambut tak mudah berubah, tak terasa kaku dan lengket.

8. Fishtail Braid.

Sesuai namanya, fishtail braid adalah kepang rambut modern yang mirip seperti ekor ikan. Meski terlihat rumit, nyatanya cara mengepang rambut panjang ini tak sulit dilakukan.

Kamu juga bisa menggunakan kombinasi French braid dengan fishtail braid kalau rambutmu cukup panjang. Perpaduan dua gaya kepang rambut ini bikin penampilan kamu lebih manis dan menarik.

9. Double Fishtail Braids.

Double fishtail braids cocok untukmu yang hobi nge-gym, jogging, atau berolahraga setiap hari. Tekstur kepang dua yang padat menjaga rambut panjangmu tetap rapi saat bergerak.

3 Stabds Braids Pexels Limoo 19543814

Ambil sedikit bagian rambut di sisi terluar, lalu silang ke bagian dalam, antara kedua bagian rambut yang besar.
Gabungkan bagian kecil rambut tersebut dengan rambut di sisi kanan.

Dari sisi kanan, ambil sebagian rambut lalu silangkan ke sisi yang lain. Ulangi hingga seluruh bagian rambut terkepang.

10. Rope Braid.

Gaya rope braid atau kepang tambang ini memberi kesan rapi dan segar, sehingga cocok untukmu yang aktif. Gaya rambut kepang ini juga pas untuk dijadikan pilihan anti gerah saat beraktivitas di luar ruangan! Lihat cara membuatnya di tutorial rope braid berikut.

11. Bubble Braid Half Updo.

Tahu gaya bubble ponytail yang sedang populer? Nah, gaya bubble ini sebenarnya mudah sekali untuk dibuat. Tekniknya hampir sama seperti two-strands braid. Yang perlu kamu lakukan agar untaiannya terlihat menggembung adalah dengan mengikatnya menggunakan karet setiap kamu membentuk 1 untai.

12. Crown Braid.

Sesuai namanya, gaya rambut kepang ini melingkar di atas kepala layaknya mahkota. Agar hairdo kepang ini maksimal dan tampak romantis, panjang rambut setidaknya medium atau melebihi bahu.

13. Milkmaid Braid.

Meski mirip, crown braid dan milkmaid braid sebenarnya berbeda. Kalaupun menggunakan teknik kepangan yang sama, perbedaan terlihat dari posisi lingkaran kepangannya.

Pada crown braid, kepangannya lebih ke depan dan lingkarannya berada di atas (karena menyerupai mahkota). Pada milkmaid braid, lingkaran kepangannya lebih turun.

Kamu bisa menggunakan kepangan simpel atau kepangan bertumpuk kalau rambutmu panjang dan ingin bergaya lebih vintage.

14. Milkmaid Braid dengan Scarf.

Siapa yang mengira kalau kepang rambut panjang gaya milkmaid bisa dibuat manis dengan aksen scarf yang playful?

15. Halo Braid.

Ada crown braid, milkmaid braid, dan ada halo braid! Yang paling membedakan ketiga model kepangan ini adalah teknik kepangan yang dipakai. Pada crown braid dan milkmaid braid, biasanya teknik French braid yang dipakai.

HARUS BACA:  Shaggy Cut dan Highlight Coloring

Nah, pada halo braid, teknik Dutch braid yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk membuat kepangannya lebih timbul sehingga menyerupai lingkaran halo a la malaikat.

Halo braid dapat membuatmu terlihat seperti dewi dari mitologi Yunani. Kalau dipadukan dengan bun, hairstyle ini bisa menjadi alternatif sanggul tanpa sasak!

16. Headband Braid (Kepang Bando).

Untuk tampilan simpel yang rapi tanpa perlu khawatir dengan helaian di wajah, kamu bisa coba model rambut kepang panjang ini. Sesuai namanya, kepang digunakan sebagai bando alias penahan rambut. Kamu bisa lihat cara cara kepang rambut bando di video berikut.

Kamu bisa membuat bando kepang dari rambut belah tengah atau samping. Model rambut kepang samping membuat ponimu tetap rapi tanpa harus memakai bando atau jepit tambahan.

Aksen manis yang berfungsi sebagai bando. (Foto: Verity Jane Smith)
Ingin bergaya kepang namun hanya sebagai pemanis saja? Coba deh gaya ini (Foto: iStock by Getty Images)

Ambil inspirasi dari crown braid! Gunakan lingkaran khasnya untuk membuat kepangan kecil. Gaya rambut kepang wanita ini bisa dicoba untuk dikombinasikan dengan sanggul. Gaya ini bisa dicoba oleh mereka yang berambut medium.

17. Waterfall Braid.

Kepang ini dinamai waterfall braid karena hasilnya yang menyerupai air terjun. Di antara kepangan yang mengelilingi kepala, ada helaian rambut yang ‘menembus’ kepangan.

Selain untuk rambut panjang, waterfall braid juga cocok untuk rambut pendek. Keriting sedikit bagian tengah hingga ke ujung rambut untuk mendapatkan efek rambut yang lebih bertekstur. Gaya kepang ini simpel namun membuat rambutmu kelihatan berbeda.

18. Cornrow.

Gaya rambut cornrow adalah gaya rambut kepang kecil-kecil dan sangat dekat dengan kulit kepala. Dinamakan cornrow karena tampilannya mirip barisan tanaman jagung yang simetris dan rapi di ladang. Kadang, gaya kepang ini juga disebut banana braid atau kepang tempel.

Cornrow lebih mirip dengan Dutch braid dibanding French braid, karena hasil akhir kepangnya tampak timbul. Bedanya, saat mengepang model Dutch, kita sedikit menarik rambut agar hasil kepang tidak terlalu menempel pada kulit kepala. Sementara pada cornrow justru sebaliknya, sebisa mungkin hasil kepang melekat sehingga kulit kepala jelas terlihat.

19. Boxer Braid.

Banyak orang melihat teknik kepangan ini pada petinju wanita dan menamainya dengan boxer braid. Padahal sih, ini adalah gaya kepangan cornrow. Variasi lainnya adalah dengan menggunakan 2 jalinan kepangan saja.

Kamu bisa mencoba gaya ini dengan teknik French braid, dengan hasil kepangan yang lebih ‘mendem’. Bedakan dengan boxer braid a la Khloe berikut.

Variasi cornrow yang satu ini menggunakan teknik Dutch braid, sehingga kepangannya lebih menonjol. Terlihat bedanya kan?

20. Inverted Braid (Kepang Terbalik).

Apakah gaya rambut kepang banyak ini membuatmu jadi tak pede, karena sepertinya terlihat sulit? Jangan khawatir, kamu bisa menonton tutorialnya di video ini!

21. Shoelace Braid.

Sesuai namanya, cara membuat shoelace braids mirip dengan mengikat tali sepatu. Cocok untukmu yang aktif, namun tetap ingin terlihat feminin dan chic saat beraktivitas. Cara mengepang rambut panjang yang satu ini juga tak sulit untuk dilakukan.

  1. Bagi rambut dan ambil sebagian kecil rambut dari depan, lalu bagi menjadi dua bagian sama besar.​
  2. Simpul kedua bagian rambut seperti mengikat tali sepatu.
  3. Tambahkan rambut baru ke kedua untaian dan ikat lagi menjadi simpul.​
  4. Ulangi langkah ini sampai kamu mencapai bagian telinga, lalu jepit menggunakan bobby pins.
  5. Lakukan hal yang sama pada sisi belahan rambut yang lain.
HARUS BACA:  Gaya Rambut Lurus Wanita Agar Tampil Percaya Diri: Inspirasi Model Rambut Terkini

22. Slide-up Braid.

Punya rambut panjang tapi tidak ingin mengepangnya secara penuh? Kamu bisa mencoba gaya rambut kepang modern menggunakan teknik kepang empat berikut ini. Cara membuatnya gampang banget, simak saja di artikel tutorial kepang modern ini!

23. Baby Braid.

Trend kepang ini sempat populer karena terlihat digunakan oleh banyak selebriti. Baby braid adalah kepangan pada juntaian rambut di bagian depan. Hasil kepangan ini akan membingkai wajah.

Kamu bisa mengambil rambut yang lebih tebal atau lebih tipis. Bisa juga digunakan untuk menata poni!

24. Ribbon Braid.

Kamu juga bisa tampil fun dan playful dengan variasi ribbon side braid ini. Sangat mudah dibuat, karena kamu hanya perlu menyelipkan pita di tiap untaian. Bisa banget dibuat meski kamu memiliki rambut pendek.

25. Braided and Twisted Low Ponytail.

Model rambut kepang ini merupakan kombinasi kepang klasik dan twist ponytail. Hasil akhirnya cukup oke kan?

Agar ujung rambut yang tergerai terlihat lembut dan bouncy, pastikan kamu menggunakan conditioner setelah keramas dengan shampoo.

26. Kepang Samping.

Salah satu gaya kepang yang tak kalah keren adalah model rambut kepang samping. Model ini cocok untuk kamu yang masih newbie dalam urusan kepang-mengepang, karena kamu bisa melihat langsung prosesnya di depan cermin.

27. Side Cornrow.

Gaya side cornrow bikin penampilan kamu jadi fresh!

Gaya side cornrow ini juga keren untukmu yang berambut pendek. Belajar cara membuatnya dalam artikel tutorial buatan kami!

28. Side French Braid.

Video pilihan

Selain membuatmu kelihatan cute, gaya kepang samping memberi jeda rambutmu untuk beristirahat dari alat styling bersuhu panas.

29. Side Twisted Braid.

Side braid untuk rambut pendek? Keren juga ya!

Siapa bilang rambut pendek tidak bisa dikepang? Coba side braid dengan gaya twist ini untuk kamu yang hobi nge-gym.

30. Side Three-strands Braid.

Kamu bisa terlihat modern dan elegan dalam waktu bersamaan dengan model rambut kepang rambut simple ini.

Gaya rambut ini cocok untuk kamu yang memiliki rambut tanggung. Gaya ini adalah perpaduan dari side braid dengan cepol.

Kepang pada Poni.

Mengepang bagian poni juga bisa jadi pilihan untukmu yang mau coba berbagai model rambut kepang.

31. Ponytail Halo Braid.

Halo braid dengan ponytail membuatmu terlihat lebih anggun.

Gaya model ini adalah gabungan halo braid dengan ponytail. Model kepang ini cocok untuk tampilan glam.

32. Dutch Braid pada Poni.

Rambut pendek juga bisa kok dibuat gaya rambut kepang ini.

Kalau sering merasa risih dengan poni yang mulai panjang, dibuat kepang modern saja!

33. Braided Bun.
Rambut kepang yang dibuat sanggul cantik juga ya ternyata!

Gaya sanggul modern dengan model rambut kepang seperti milik aktris cantik ini bisa kamu coba untuk datang ke pesta pernikahan teman, lho!

Di antara macam-macam kepang rambut di atas, sudah tahu mau coba model rambut kepang rambut yang mana?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button