Penataan RambutPotong Rambut

Yuk! Belajar Potong Rambut Sendiri

Nggak perlu takut salah, simak tutorial potong rambut sendiri berikut

Mau ke salon, tetapi gak sempet dan mager? Gimana kalau cobain potong rambut sendiri? Nggak perlu takut salah. Kalau salah potong pun, masih ada trik benerinnya loh!

Mengunjungi salon untuk mempercantik penampilan memang menyenangkan, tetapi seringkali kesibukan dan rasa malas menghalangi. Bagaimana jika kita mencoba untuk memotong rambut sendiri? Tidak perlu takut salah, karena masih ada trik untuk memperbaiki hasilnya.

Cara Potong Rambut Sendiri

Memotong rambut sendiri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan hemat biaya. Berikut adalah panduan langkah-langkahnya:

  1. Basahi Rambut: Pastikan rambutmu basah saat memotong, seperti ketika di salon. Rambut basah membantu dalam mendapatkan hasil yang lebih rapi. Gunakan sisir bergigi rapat, terutama untuk rambut yang sering terselip di belakang telinga.
  2. Bagi Rambut Jadi Dua: Ikat rambut menjadi dua bagian untuk memudahkan proses potong. Pastikan kedua sisi seimbang dengan membagi rambut tepat di tengah.
  3. Tandai Ujung Rambut: Gunakan karet untuk menandai batas panjang rambut yang akan dipotong. Ini memastikan hasil potongan yang sesuai dengan yang diinginkan.
  4. Potong di Bawah Karet dengan Gunting Tajam: Gunting persis di bawah karet dengan gunting salon atau gunting yang sangat tajam. Hindari penggunaan gunting kecil atau yang tidak cukup tajam.
  5. Rapikan Lagi dari Belakang ke Depan: Cek potongan secara keseluruhan dan rapikan bagian belakang ke depan. Ini membantu memastikan hasil potongan yang merata.
  6. Cara Potong Rambut dengan Layer (Wolf Cut): Jika sudah mahir, cobalah teknik potong wolf cut yang sedang tren. Ikat seluruh rambut menjadi ponytail di depan, gunting dengan gunting besar dan tajam, lalu buka ikatan dan rapikan.
HARUS BACA:  Mengganti Warna Rambut dan Teknik Pewarnaan: Tips dan Trik dari Color Analyst

Cara Merapikan Poni Sendiri

Selain memotong rambut secara keseluruhan, belajar cara memotong poni sendiri juga bisa memberikan tampilan yang segar. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Potong Rata: Potong poni secara rata dengan memastikan basah dan gunting sekitar 2cm lebih panjang dari panjang poni yang diinginkan.
  2. Twist and Cut: Pelintir rambut bagian depan menjadi poni, gunting sesuai panjang yang diinginkan. Hasilnya tidak rata, melainkan semakin memanjang ke samping.
  3. Angkat ke Atas dan Gunting: Gabungkan bagian rambut yang akan menjadi poni, sisir ke atas, dan gunting dengan melebihi panjang yang diinginkan.
  4. Cara Memotong Poni a la Korea: Gunting poni menjadi segitiga, beri sedikit layer, gunting secara diagonal untuk mendapatkan bentuk setengah lingkaran, dan lakukan trimming pada ujung rambut.

Cara Menggunting Ujung Rambut Bercabang (Trimming)

Rambut bercabang seringkali mengganggu penampilan. Berikut adalah cara untuk memotong ujung rambut bercabang:

  1. Teknik Twisting: Pelintir sebagian kecil rambut, gunting ujung yang terbelah. Gunakan gunting yang tajam untuk hasil maksimal.
  2. Teknik Sweeping: Setelah trimming, lepaskan bagian tersebut dan gunting dengan cara menyisir rambut ke bawah hingga ujung rambut.
  3. Teknik Horizontal Cutting: Bagi rambut menjadi tiga bagian dan gunting ujung secara horizontal. Pastikan panjang rambut yang dipotong tetap konsisten.

Memotong rambut sendiri memang memerlukan ketelitian, tetapi dengan panduan yang tepat, kamu bisa mencoba berbagai teknik potong rambut dan merapikan penampilan tanpa harus ke salon. Selamat mencoba!

HARUS BACA:  Tips Perawatan Rambut Lurus Tahan Lama

Cara Mengakali Salah Potong Rambut.

Setelah mengalami kesalahan dalam potong rambut, seringkali rambut terlihat aneh dan sulit diatasi. Namun, ada beberapa trik dan kreativitas yang bisa diterapkan untuk mengakali potongan rambut yang kurang memuaskan.

Memberi Jeda Seminggu Setelah Salah Potong Rambut

Setelah potong rambut, rambut bisa terlihat aneh karena kita belum terbiasa dengan bentuk baru tersebut. Potongan baru seringkali terlihat ‘aneh’ karena kutikula di ujung rambut masih terbuka, dan butuh waktu beberapa minggu untuk terbiasa dengan bentuk yang baru. Hasil potongan rambut biasanya semakin terlihat setelah beberapa kali keramas dalam seminggu. Jika tidak puas, sebaiknya tunggu minimal seminggu sebelum memutuskan untuk memotongnya lagi.

Mengandalkan Catokan atau Curling Iron

Jika potongan rambut terlihat kurang memuaskan, catokan atau curling iron bisa menjadi penyelamat. Misalnya, rambut terlalu pendek atau terlihat lepek, bisa dicoba menciptakan gaya beach waves dengan curling iron. Potongan rambut asimetris juga dapat disembunyikan dengan penataan gaya rambut keriting. Pastikan selalu menggunakan TRESemmé Keratin Smooth Heat Protect Spray sebelum menggunakan alat-alat styling rambut dengan suhu panas untuk menjaga kesehatan rambut.

Mencoba Gaya Rambut Ponytail atau Cepol

Jika potongan rambut terlalu pendek atau layer-nya terlalu berlebihan, gaya rambut ponytail atau cepol bisa menjadi solusi. Selain menyembunyikan potongan yang kurang memuaskan, kedua gaya rambut ini juga dapat memberikan efek volumizing karena mengangkat bagian akar lebih lama.

HARUS BACA:  Cara Potong Rambut Medium Bob

Menggunakan Hair Extension

Jika potongan rambut terlalu pendek dan tidak dapat diakali, hair extension bisa menjadi pilihan. Ada berbagai jenis rambut sambungan, mulai dari yang semi-permanent hingga yang berbentuk jepit rambut. Disarankan untuk menggunakan hair extension dengan bentuk jepit agar tidak merusak akar rambut dan menyebabkan kerontokan. Sebelum mencobanya, perhatikan kondisi kulit kepala untuk menghindari masalah kesehatan rambut.

Mengganti Warna Rambut

Mengganti warna rambut dapat menjadi cara kreatif untuk menyiasati potongan rambut yang kurang memuaskan. Ombre dan highlight bisa mengalihkan perhatian dari potongan rambut yang tidak diinginkan. Pilihlah perpaduan warna yang sesuai dengan panjang rambut dan warna kulit.

Menyiasati Potongan Poni dengan Aksesori Rambut

Jika terjadi kesalahan potong poni, salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan aksesori rambut. Scarf, bando, atau topi dapat menjadi penyelamat. Scarf dapat dibentuk sebagai bandana atau turban, memberikan tampilan yang unik dan menutupi potongan poni yang tidak sesuai.

Menyiasati Poni dengan Jepit Rambut

Jika potongan poni tidak sesuai, penggunaan bobby pins atau jepit rambut bisa membantu. Poni yang terlalu pendek dapat dijepit ke atas untuk memberikan gaya yang berbeda. Penggunaan bobby pins dapat disesuaikan dengan model rambut lainnya, seperti catok lurus atau blow masuk ke dalam. Kombinasi dengan model rambut cepol juga bisa memberikan tampilan yang menarik.

Mengganti model rambut memang memerlukan perencanaan matang, dan sebelum melakukan perubahan drastis, pastikan untuk memilih model yang sesuai dengan bentuk wajah. Jangan ragu untuk mencoba cara potong rambut sendiri di rumah, namun selalu ingat untuk tetap memperhatikan kesehatan rambut. Dengan sedikit kreativitas dan penggunaan aksesori yang tepat, potongan rambut yang kurang memuaskan bisa diatasi dengan gaya yang menarik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button