Keriting RambutPenataan Rambut

Tips Keriting Rambut Sempurna

Mengeriting rambut adalah salah satu cara yang seru untuk mengubah penampilan dan menambah gaya. Tapi, sebelum kamu nekat mengeriting rambut, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya maksimal dan rambutmu tetap sehat.

Yuk, simak tips-tips sebelum mengeriting rambut ini!

1. Pilih alat pengeriting yang sesuai dengan jenis rambutmu dan bentuk ikal yang kamu inginkan. Ada banyak jenis alat pengeriting rambut, seperti pengeriting rambut listrik, pelurus rambut, rol rambut, pensil, dan lain-lain. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan serta menghasilkan ikal yang berbeda-beda. Misalnya, alat pengeriting dengan lingkaran yang lebih besar akan memberikan ikal yang lebih longgar, sementara yang lebih kecil akan memberikan ikal yang lebih kencang. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhanmu dan bentuk ikal yang kamu inginkan.

2. Pastikan rambutmu dalam kondisi kering dan bersih sebelum mengeriting. Mengeriting rambut yang basah atau lembap bisa merusak rambutmu, karena air akan berubah menjadi uap panas yang bisa membakar rambut. Selain itu, mengeriting rambut yang kotor atau berminyak juga bisa membuat ikalmu cepat lepas. Sebaiknya, cuci rambutmu satu hari sebelum mengeriting, lalu keringkan dengan handuk atau pengering rambut.

HARUS BACA:  Tips Melindungi Rambut Sebelum Smoothing, Rebonding, dan Straightening
Tips sebelum mengeriting rambut

3. Aplikasikan produk pelindung panas dan penambah volume pada rambutmu sebelum mengeriting. Produk pelindung panas berfungsi untuk melindungi rambutmu dari panas alat pengeriting yang bisa membuatnya kering dan rapuh. Sedangkan, produk penambah volume berfungsi untuk memberikan tekstur dan volume pada rambutmu agar ikalnya lebih bervariasi dan tidak terlihat datar. Kamu bisa menggunakan mousse, spray, atau serum yang sesuai dengan jenis rambutmu.

4. Bagi rambutmu menjadi beberapa bagian kecil dan kerjakan satu per satu. Mengeriting rambut secara keseluruhan bisa membuat hasilnya tidak merata dan tidak tahan lama. Untuk mendapatkan ikal yang sempurna, bagi rambutmu menjadi beberapa bagian kecil, lalu kerjakan satu per satu dengan alat pengeriting yang kamu pilih. Mulailah dari bagian bawah rambut, lalu naik ke atas secara bertahap. Pastikan setiap bagian rambut terkena panas alat pengeriting secara merata dan cukup lama.

5. Biarkan ikalmu dingin sebelum menyentuhnya atau menyisirnya. Setelah mengeriting setiap bagian rambut, biarkan ikalmu dingin terlebih dahulu sebelum menyentuhnya atau menyisirnya. Hal ini berguna untuk mempertahankan bentuk ikal dan membuatnya lebih tahan lama. Jika kamu menyentuh atau menyisir ikal yang masih panas, maka ikal tersebut bisa lepas atau berantakan.

HARUS BACA:  Tren Model Rambut Wanita 2023

6. Semprotkan hairspray pada rambutmu setelah selesai mengeriting. Hairspray adalah produk penataan rambut yang bisa membantu mengunci ikal dan melindunginya dari kelembapan udara yang bisa membuatnya lemas atau kusut. Semprotkan hairspray secara merata pada seluruh bagian rambutmu setelah selesai mengeriting, lalu biarkan kering secara alami.

7. Rawatlah rambutmu dengan baik setelah mengeriting. Mengeriting rambut bisa membuatnya lebih kering dan rentan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, rawatlah rambutmu dengan baik setelah mengeriting dengan menggunakan hair serum, sampo, dan kondisioner yang melembapkan dan mengandung minyak. Jangan lupa untuk memberikan perawatan ekstra pada rambutmu agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.

Nah, itu dia beberapa tips sebelum mengeriting rambut yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan semoga rambutmu terlihat cantik dengan ikal yang sempurna!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button