Makeup

Step-by-Step Makeup Routine dan Cara Memilih Shade yang Pas

Rahasia Makeup Flawless: Urutan Pemakaian dan Tips Memilih Shade yang Tepat

Makeup bukan hanya alat untuk mempercantik diri, tetapi juga seni yang mampu meningkatkan rasa percaya diri. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal, penting untuk mengikuti urutan pemakaian yang tepat dan memilih shade yang sesuai dengan warna kulit. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Urutan Pemakaian Makeup yang Ideal

1. Pelembap

Selalu awali dengan membersihkan wajah agar kulit bersih sebelum mengaplikasikan pelembap. Pilih pelembap yang sesuai dengan tipe kulitmu untuk menjaga hidrasi dan membuat makeup lebih menyatu. Pelembap yang baik akan menjadi dasar yang sempurna untuk makeup kamu.

2. Primer

Primer membantu meratakan tekstur kulit, menutupi pori-pori, dan membuat makeup lebih tahan lama. Pilih primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti oil-free untuk kulit berminyak atau hydrating untuk kulit kering. Penggunaan primer yang sesuai akan mencegah makeup dari efek samping ketidakcocokan produk.

3. Sunscreen

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 dan pastikan tidak menyumbat pori-pori. Untuk kulit berminyak, pilihlah sunscreen yang berbasis air atau gel.

Review Revlon ColorStay Longwear Make Up, Teksturnya Ringan, dan Tahan Lama!

4. Concealer

Gunakan concealer untuk menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, atau lingkaran hitam di bawah mata. Pilih shade yang satu tingkat lebih terang dari foundation untuk hasil yang lebih optimal.

5. Foundation

Foundation adalah dasar dari makeup. Pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit dan undertone kamu. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher dengan menggunakan sponge atau kuas makeup untuk hasil yang flawless.

6. Bedak

Set makeup kamu dengan bedak untuk hasil yang tahan lama dan matte. Pilih bedak tabur untuk hasil natural atau bedak padat untuk coverage yang lebih tinggi.

7. Blush On

Berikan rona segar pada pipi dengan blush on. Pilih warna yang sesuai dengan undertone kulitmu untuk hasil yang natural dan menawan.

8. Alis

Bentuk alis sesuai dengan bentuk wajahmu. Gunakan pensil alis, brow powder, atau gel alis untuk mengisi dan mendefinisikan alis.

9. Mata

Ekspresikan kreativitasmu dengan makeup mata. Gunakan eyeshadow, eyeliner, dan maskara untuk menciptakan riasan mata yang memukau. Pilih warna dan teknik yang sesuai dengan bentuk mata dan acara.

10. Bibir

Sempurnakan penampilan dengan lipstik atau lip gloss. Sebelum mengaplikasikan lipstik, gunakan lip balm atau lip oil agar bibir terhidrasi dengan baik. Pilih warna yang sesuai dengan undertone kulit dan acara.

11. Setting Spray

Akhiri dengan setting spray untuk mengunci makeup agar tahan lama dan tidak mudah luntur.

Tips Memilih Shade Makeup yang Tepat

Salwasalon Riska Shading 2

Kenali Skintone dan Undertone

Skintone adalah warna dasar kulit seperti fair, light, medium, tan, atau deep. Undertone adalah rona di bawah permukaan kulit, seperti cool (biru/pink), warm (kuning/emas), atau neutral (campuran keduanya). Memahami kedua hal ini sangat penting dalam memilih shade yang tepat.

Cushion atau Foundation untuk Makeup? Temukan Jawabannya di Sini!

Coba di Area Tertentu

Lakukan swatch di area rahang atau garis rahang untuk melihat kesesuaian shade dengan warna kulit. Hindari mencoba di telapak tangan karena warnanya berbeda dengan wajah.

Pertimbangkan Pencahayaan

Pastikan kamu mencoba shade makeup di bawah cahaya alami atau lampu putih untuk hasil yang lebih akurat. Pencahayaan yang tepat akan membantu kamu melihat hasil sebenarnya dari shade yang dipilih.

Minta Bantuan

Jangan ragu untuk meminta bantuan beauty advisor di toko kosmetik. Mereka dapat memberikan saran yang tepat berdasarkan jenis kulit dan kebutuhanmu.

Salwasalon Riska Shading 1

Tips Tambahan untuk Kulit Sehat dan Makeup Tahan Lama

  1. Gunakan produk makeup yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kulit.
  2. Bersihkan makeup secara menyeluruh sebelum tidur untuk menjaga kesehatan kulit.
  3. Lakukan eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah.
  4. Perbanyak konsumsi air putih dan makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Baking Makeup: Langkah Mudah untuk Makeup Anti Luntur

Dengan mengikuti urutan pemakaian makeup yang tepat dan memilih shade yang sesuai dengan warna kulit, kamu dapat tampil memukau dan percaya diri di setiap kesempatan. Ingatlah bahwa makeup adalah alat untuk mempercantik diri, bukan untuk mengubah dirimu menjadi orang lain. Selamat mencoba, besties! 🌟

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button