Perawatan RambutSkincare

Minyak Kayu Putih untuk Rambut, Mengatasi Ketombe hingga Uban

Diantara banyak minyak alami esensial yang sering digunakan, minyak kayu putih memiliki manfaat yang baik untuk keseluruhan tubuh, termasuk rambut.

Tidak heran, karena minyak ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang multifungsi.

Mulai dari mencegah ketombe, melebatkan rambut, hingga mengurangi uban. Penasaran dengan manfaat lainnya? Yuk, simak selengkapnya!

Minyak kayu putih untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Seperti yang kita tahu, minyak kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat mengobati perut kembung, sakit gigi, dan masalah pernapasan, minyak kayu putih juga memiliki manfaat lain untuk kulit.

Minyak ini dapat mengatasi:

  1. Beruntusan,
  2. Jerawat,
  3. Membantu penyembuhan luka,
  4. 4. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit,
  5. 5. Menyembuhkan psoriasis atau kemerahan pada kulit,
  6. 6. Melembapkan kulit, dan
  7. Melindungi kulit dari sinar UV.
HARUS BACA:  Panduan Lengkap Merawat Rambut Keriting: Dari Keramas hingga Tidur

Apakah minyak kayu putih aman untuk rambut?

Meskipun minyak kayu putih termasuk minyak alami yang aman digunakan, tetapi bagi pemilik kulit sensitif, minyak ini juga dapat memiliki efek samping. Jika dioleskan langsung ke kulit kepala, bisa timbul sensasi terbakar. Oleh karena itu, bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu pada punggung tangan sebelum menggunakannya secara langsung. Tetapi, jika digunakan dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan, minyak kayu putih tidak akan berbahaya.

Manfaat-minfaat minyak kayu putih untuk rambut

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Minyak kayu putih dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Dengan menggunakan minyak kayu putih, akar rambut akan mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Perawatan ini memberi kesempatan pada akar rambut untuk “bernapas”, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih baik.

2. Meredakan Iritasi Akibat Gatal

Minyak kayu putih mengandung zat eucalyptol yang dapat meredakan gatal pada kulit kepala. Zat ini memiliki manfaat anti-inflamasi dan pereda nyeri. Jika kulit kepalamu gatal, kering, atau mengelupas, kamu bisa mencoba manfaat minyak kayu putih ini.

HARUS BACA:  Top 10 Inovasi Terkini Produk Perawatan Kulit di Asia Pasifik

3. Mencegah Ketombe

Minyak kayu putih mengandung antijamur dan antiseptik alami yang dapat mengobati ketombe. Kandungan ini juga efektif dalam mengatasi dermatitis seboroik, kelainan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Tentu saja, hasilnya akan lebih baik jika penggunaan minyak kayu putih ini dilakukan secara konsisten dan didukung dengan perawatan rambut yang lain.

4. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Pada kulit kepala berminyak, minyak kayu putih dapat menjaga keseimbangan produksi minyak. Hal ini karena kandungan antijamur pada minyak kayu putih yang membantu mengembalikan kondisi kulit kepala menjadi ideal. Kamu juga bisa memaksimalkan perawatan ini dengan menggunakan Dove Perawatan Rambut Lepek Serum Shampoo, yang membersihkan dan menutrisi rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Shampoo ini juga memberikan efek volumizing pada rambut tipis, sehingga rambut terlihat sehat dan tebal.

5. Membuat Tampilan Rambut Lebih Indah

Minyak kayu putih mengandung antioksidan, sehingga hasil dari perawatan rambut dengan minyak kayu putih tidak hanya membuat rambut sehat, tetapi juga terasa lembut. Rambut menjadi lebih mudah diatur sesuai keinginan dan terlindungi dari polusi, sinar matahari, dan debu yang dapat membuat rambut terlihat kusam.

HARUS BACA:  Ini Dia Penyebab Rambut Rontok yang Harus Kamu Tahu

6. Mengurangi Uban

Ternyata, salah satu solusi untuk mengurangi uban adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Selain faktor usia, beberapa penyebab uban lainnya adalah pola makan dan faktor stres. Untuk mengurangi uban dengan minyak kayu putih, oleskan minyak ini dari kulit kepala hingga ujung rambut yang bersih. Pijat lembut selama 10-15 menit, lalu tunggu minimal 2 jam agar minyak dapat meresap. Bilas dengan air bersih dan keramas untuk menghilangkan aroma minyak kayu putih.

7. Mengatasi Kutu Rambut

Selain dapat menenangkan kulit kepala, minyak kayu putih juga dapat mengatasi masalah kutu rambut. Kandungan zat dalam minyak kayu putih memiliki efek mengusir serangga, sehingga dapat membantu mengobati kutu rambut. Minyak kayu putih bisa menjadi alternatif obat penghilang kutu rambut.

Ramuan tradisional untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih langsung ke kulit kepala. Namun, bagi pemilik kulit kepala sensitif, perlu berhati-hati karena bisa menyebabkan iritasi. Sebaiknya, uji reaksi terlebih dahulu dengan mengoleskan beberapa tetes minyak pada kulit tangan.

Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Misalnya, perpaduan minyak kayu putih dengan jeruk nipis dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membersihkan kulit kepala. Sedangkan kombinasi minyak kayu putih dengan minyak zaitun dapat meluruskan rambut dan menenangkan peradangan. Ada juga kombinasi minyak kayu putih dengan almond oil,

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button